Sabtu, 18 Desember 2010

Seputar Haji dan Umrah








1. Doa dalam Perjalanan Keberangkatan
a. Doa Keluar Rumah
Bismillahi amantu billah, tawakkaltu ‘alallahi la haula wala quwwata illa billahi-‘aliyyil-‘azim.
Artinya:
“Dengan nama Allah aku beriman kepada Allah, aku berserah diri kepada Allah tiada daya dan kekuatan melainkan atas pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung”.
b. Doa Sewaktu Berada Di Atas Kendaraan
Bismillahi  majreha  wa mursaha inna rabbi lagafurur rahim.
Artinya:
“Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang”.
c. Doa Sewaktu Kendaraan Mulai Bergerak
Bismillahi-rahmanir-rahim. Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Subhanal-lazi sakhkhara lana haza wa ma kunna lahu muqrinin. Wa inna ila rabbina lamun qalibun.
Artiya:
“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Maha Suci Allah yang telah menggerakkan untuk kami kendaraan ini kepada kami padahal kami tiada kuasa menggerakkannya. Dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan, kami pasti akan kembali”.
d. Doa Ketika Tiba Di Tempat Tujuan.
Allahumma inni as’aluka khairaha wa khaira ahliha wa khaira ma fiha, wa a’uzu bika min syarriha wa syarri ahliha wa syarri ma fiha.
Artinya:
“Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya”.
2. Doa Ihram
  Allahumma inni uharrimu nafsi min kulli ma harramta ‘alal-muhrimi farhamni ya arhamarrahimin.
Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya aku mengharamkan diriku dari segala apa yang Engkau haramkan kepada orang yang berihram karena itu rahmatilah aku ya Allah yang Maha Pemberi rahmat ”.
a. Doa Memasuki Kota Makkah
Allahumma haza haramuka wa amnuka faharrim lahmi wa dami wa sya’ri wa basyari ‘alannari wa aminni min ‘azabika yauma tab’asu ‘’ibadaka waj’alni min auliya’ika wa ahli ta’atik.
Artinya:
“Ya Allah, kota ini adalah Tanah Haram-Mu dan tampat aman-Mu, maka hindarkanlah daging, darah, rambut dan kulitku dari neraka. Dan selamatkanlah diriku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali hamba-Mu, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang selalu dekat dan taat kepada-Mu”.
b. Doa Masuk Masjidil Haram
Allahumma antas-salamu wa minkas-salamu wa ilaika ya’udus-salamu fahayyina rabbana bis-salami wa adkhilnal-jannata daras-salami tabarakta rabbana wa ta’alaita ya zal-jalali wal-ikram. Allahummaftah li abwaba rahmatik. Bismillahi wal-hamdu lillahi was-salatu was-salamu ‘ala rasulillah.
Artinya:
“Ya Allah, Engkau sumber keselamatan dan dari pada-Mulah datangnya keselamatan dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami wahai Tuhan, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah ke dalam surga negeri keselamatan. Maha banyak anugerah-Mu dan Maha Tinggi Engkau. Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmat-Mu. (Aku masuk masjid ini) dengan nama Allah disertai dengan segala puji bagi Allah serta salawat dan salam untuk Rasulullah”.
c. Doa Ketika Melihat Ka’bah
Allahumma zid hazal-baita tasyrifan wa ta’ziman wa takriman wa mahabatan. Wa zid man syarrafahu wa’ azzamahu wa karramahu mimman hajjahu awi’tama rahu tasyrifan wa ta’ziman wa takriman wa birran.
Artinya:
“Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan wibawa pada Bait (Ka’bah) ini. Dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kebaikan”.
d. Doa Ketika Melintasi Maqam Ibrahim
Rabbi adkhilni mudkhala shidqin wa akhrijni mukhraja sidqin waj’al li min ladunka sultanan nasira. Wa qul ja’al haqqu wa zahaqal batilu innal batila kana zahuqa.
Artinya:
“Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah (wahai Muhammad) yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap”.

3. Doa Tawaf
a.Doa dalam  setiap perjalanan dari Hajar Aswad sampai Rukun Yamani:
Subhanallahi wal-hamdu lillahi wa la ilaha illallahu wallahu akbar, wa la haula wa la quwwata illa billahil-‘aliyyil-‘azim.
  Artinya:
“Maha Suci Allah, segala puji milik Allah tidak ada Tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar dan tiada daya dan kekuatan melainkan atas pertolongan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung”.
b. Doa dalam setiap perjalanan antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad:
Rabbana atina fid-dun-ya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan wa qina ‘azaban-nar.
  Artinya:
“Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa neraka”.
c. Doa Sesudah Tawaf

Allahumma ya rabbal-baitil-'atiq, a'tiq, riqa-bana wa riqaba aba'ina wa ummahatina wa ikhwamina wa auladina minan-nari, ya zaljudi wal-karami wal fadli wal-manni wal-ata'i wal-ihsan. Allahumma ahsin 'aqibatana fil-umuri kulliha, wa ajirna min khizyid-dun-ya wa 'azabil-akhirah. Allahumma inni 'abduka wabnu 'abdika wa-qifun tahta babika multazimun bi a'tabika mutazallilun baina yadaika arju rahmataka wa akhsya azabaka qadimal-ihsan. Allahumma inni as'aluka antarfa'a zikri wa tada'a wizri wa tusliha amri wa tutahhira qalbi wa tunawwira li fi qabri wa tagfira li zanbi wa as'alukad-darajatil-ula minal-jannah.
 
Artinya:
"Ya Allah, yang memelihara Ka'bah ini, bebaskanlah diri kami, bapak dan ibu kami, saudara-saudara dan anak-anak kami dari siksa neraka, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah, Dermawan yang mempunyai keutamaan, kemuliaan, kelebiihan, anugerah, pemberian dan kebaikan. Ya Allah, perbaikilah kesudahan segenap urusan kami dan jauhkanlah dari kehinaan dunia dan siksa di akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, tegak berdiri merapat di bawah pintu Ka'bah-Mu menundukkan diri di hadapan-Mu sambil mengharapkan rahmat-Mu, kasih sayang-Mu, dan takut akan siksa-Mu. Wahai Tuhan pemilik kebaikan abadi, aku mohon pada-Mu agar Engkau tinggikan namaku, hapuskan dosaku, perbaiki segala urusanku, bersihkan hatiku berilah cahaya kelak dalam kuburku. Ampunilah dosaku dan aku mohon pada-Mu martabat yang tinggi di dalam surga."
d. Doa Sesudah Shalat Sunat di Maqam Ibrahim
Allahumma innaka ta'lamu sirri wa 'alaniyati , faqbal ma'zirati, wa ta'lamu hajati, fa'tini su'li, wa ta'lamu ma fi nafsi, fagfir li zunubi. Allahumma inni as'aluka imanan da'iman yubasyiru qalbi, wa yaqinan sadiqan hatta a'lama annahu la yusibuni illa ma katabta li, wa raddini bima qasamtahu li ya arhamar-rahimin. Anta waliyyi fid-dun-ya wal-akhirah, tawaffani musliman wa alhiqni bis-salihin. Allahumma la tada' lana fi maqamina haza zanban illa gafartah, wa la hamman illa farrajtah, wa la hajatan illa qadaitaha wa yassartaha, fayassir umurana, wasyrah sudurana, wa nawwir qubulana, wakhtim bis-salihina a'malana. Allahumma tawaffana muslimina wa ahyina muslimina wa alhiqna bis-salihina gaira khazaya wa la maftunin.
  Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui rahasiaku yang tersembunyi dan amal perbuatanku yang nyata, maka terimalah ratapanku. Engkau Maha Mengetahui keperluanku, kabulkanlah permohonanku. Engkau Maha Mengetahui apapun yang terkandung dalam hatiku, maka ampunilah dosaku. Ya Allah, aku ini mohon pada-Mu iman yang tetap yang melekat terus dihati, keyakinan yang sungguh-sunnguh sehingga aku dapat mengetahui bahwa tiada suatu yang menimpa daku selain dari yang Engkau tetapkan bagiku. Jadikanlah aku rela terhadap apapun yang Engkau bagikan padaku. Wahai Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Engkau adalah pelindungku di dunia dan di akhirat. Wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah kami ke dalam orang-orang yang saleh. Ya Allah, janganlah Engkau biarkan di tempat kami ini suatu dosa pun kecuali Engkau ampunkan, tiada suatu kesusahan hati, kecuali Engkau lapangkan, tiada suatu hajat keperluan kecuali Engkau penuhi dan mudahkan, maka mudahkanlah segenap urusan kami dan lapangkanlah dada kami, terangilah hati kami dan sudahilah semua amal perbuatan kami dengan amal yang saleh. Ya Allah matikanlah kami dalam keadaan muslim, hidupkanlah kami dalam keadaan muslim, dan masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang saleh tanpa kenistaan dan fitnah."
e. Doa Waktu Minum Air Zam-Zam

Allahumma inni as'aluka 'ilman nafi'an wa rizqan wasi'an wa syifa'an min kulli da'in wa saqamin, birahmatika ya arhamar-rahimin.
  Artinya:
"Ya Allah, aku mohon pada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rizqi yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit dan kepedihan dengan rahmat-Mu ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih dari segenap yang pengasih."
f. Doa Sesudah Shalat Sunat Mutlak di Hijr Ismail
Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani, wa ana 'abaduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa' dika mastata'tu. A'uzu bika min syarri ma sana'tu abu'u laka bi ni'matika 'alayya, wa abu


Doa Sa'i
a. Doa Ketika Hendak Mendaki Bukit Safa Sebelum Mulai Sa'i
Bismillahirirahmanir-rahim. Abda'u bima bada'allahu bihi wa rasuluh, innas-safa wal-marwata min sya'airillah, faman hajjal-baita awi'tamara fala junaha 'alaihi ay yattawwafa bihima, wa man tatawwa'a khairan fa innallaha syakirun 'alim.
Artinya:
"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku mulai dengan apa yang telah dimulai oleh Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Safa dan Marwah sebagian dari syiar-syiar (tanda kebesaran) Allah. Maka barang siapa yang beribadah haji ke Baitullah atau pun berumrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa'i antara keduanya. Dan barang siapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Penerima Kebaikan lagi Maha Mengetahui."
b. Doa di atas Bukit Safa Ketika Menghadap Ka'bah
Allahu Akbar , Allahu Akbar , Allahu Akbar , wa lillahi-hamd. Allahu Akbar 'ala ma hadana wal-hamdu lillahi 'ala ma aulana. La ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul-mulku wa lahul-hamdu yuhyi wa yumitu biyadihil-khairu wa huwa 'ala kulli syai'in qadir. La ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, anjaza wa'dah, wa nasara 'abdah, wa hazanal-ahzaba wahdah, la ilaha illallahu wa la na'budu illaiyyahu mukhlisina lahud-dina wa lau karihal-kafirun
Artinya:
"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Segala puji bagi Allah, Allah Maha Besar, atas petunjuk yang diberikan-Nya kepada kami, segala puji bagi Allah atas karunia yang telah dianugerahkan-Nya kepada kami, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekut bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, pada kekuasan-Nya lah segala kebaikan dan Dia berkuasa atas segala sesuatu Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu-Nya, yang telah menepati janji-Nya, menolong hamba-Nya dan menghancurkan sendiri musuh-musuh-Nya. Tidak ada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya dengan memurnikan (ikhlas) kepatuhan semata kepada-Nya walaupun orang-orang kafir membenci."
c. Doa dalam setiap perjalanan antara Safa dengan Marwah atau sebaliknya:
Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Allahummasta’milni bisunnati nabiyyika wa tawaffani ‘ala millatihi wa a’idni min mudillatil-fitan
Artinya:
“Ya Allah, bimbinglah kami untuk beramal sesuai dengan sunnah Nabi-Mu dan matikanlah kami dalam keadaan Islam dan hindarkanlah kami dari fitnah/ujian yang menyesatkan
d. Doa di Bukit Marwah Selesai Sai
Allahumma rabbana taqabbal minna wa 'afina wa'fu 'anna, wa 'ala ta'atika wa syukrika a'inna, wa 'ala gairika la takilna, wa 'alal-imani wal-islamil-kamili jami'an tawaffana, wa anta radin 'anna. Allahummarhamni bitarkil-ma'asi abadan ma abqaitani, warhamni an takallafa ma la ya'nini, warzuqni husnan-nazari fima yurdika 'anni, ya arhamar-rahimin
Artinya:
"Ya Allah Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, berilah perlindungan kepada kami, maafkanlah kesalahan kami dan berilah pertolongan kepada kami untuk taat dan bersyukur kepada-Mu. Janganlah Engkau jadikan kami bergantung selain kepada-Mu. Matikanlah kami dalam iman dan Islam secara sempurna dalam keridaan-Mu. Ya Allah rahmatilah kami sehingga mampu meninggalkan segala kejahatan selama hidup kami, dan rahmatillah kami sehingga tidak berbuat hal yang tidak berguna. Karuniakanlah kepada kami sikap pandang yang baik terhadap apa-apa yang membuat-Mu ridha terhadap kami. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. "


Doa Menggunting Rambut
a. Doa Menggunting Rambut
Allahummaj’al likulli sya’ratin nuran yaumal-qiyamah.
Artinya:
“Ya Allah jadikanlah untuk setiap helai rambut (yang aku gunting) cahaya pada hari kiamat.”
b. Doa Setelah Menggunting Rambut
Al-hamdu lillahil-lazi qada 'anna manasikana. Allahumma zidna imanan wa yaqinan wa 'aunan, wagfir lana wa liwali daina wa lisa'iril-muslimina wal-muslimat
Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah menyelesaikan manasik kami, Ya Allah tambahkanlah kepada kami iman, keyakinan dan pertolongan dan ampunilah kami, kedua orang tua kami dan seluruh kaum muslimin dan muslimat."



Doa Wukuf
a. Doa Waktu Masuk Arafah
Allahumma ilaika tawajjahtu wa bika’tasamtu wa ‘alaika tawakkaltu. Allahummaj’alni mimman tubahi bihil-yauma mala’ikataka, innaka ‘ala kulli syai’in qadir
Artinya:
“Ya Allah, hanya kepada Engkaulah aku menghadap, dengan Engkaulah aku berpegang teguh, pada Engkaulah aku berserah diri. Ya Allah, jadikanlah aku di antara orang yang hari ini Engkau banggakan di hadapan malaikat-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
b. Doa Wukuf
Allahumma lakal-hamdu kal-lazi taqulu wa khairan mimman naqul. Allahumma laka salati wa nusuki wa mahyaya wa mamati. Wa ilaika ma’abi wa laka rabbi turasi. Allahumma inni a’uzu bika min azabil-qabri wa waswasis-sadri wa syatatil-amr. Allahumma inni a’uzu bika min syarri ma taji’u bihir-rih.
Artinya:
“Ya Allah, segala puji untuk-Mu, seperti apa yang Engkau firmankan dan yang baik dari apa-apa yang kami ucapkan. Ya Allah, bagi-Mu shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku dan kepada-Mu tempat kembaliku dan kepada-Mulah pemeliharaan apa yang aku tinggalkan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dan keragu-raguan dalam hati serta kesulitan segala urusan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang dihembuskan oleh angin.”

Doa Mabit
a. Doa Ketika Sampai Di Muzdalifah
Allahumma inna hazihi muzdalifatu jumi ’at fiha alsinatun mukhtalifatun tas’aluka hawa’ija mutanawwi’atan, faj’alni mim man da’aka fastajabta lahu wa tawakkala ‘alaika fakafaitahu ya arhamar-rahimin.
Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya ini Muzdalifah telah berkumpul bermacam-macam bahasa yang memohon kepada-Mu hajat keperluan yang aneka ragam. Maka masukkanlah aku ke dalam golongan orang yang memohon kepada-Mu, lalu orang yang memohon kepada-Mu, lalu Engkau penuhi permintaannya, yang berserah diri pada-Mu lalu Engkau lindungi dia. Wahai Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih.”
b. Doa Ketika Sampai Di Mina
Allahumma haza mina famnun ‘alayya bima mananta bihi ‘ala auliya’ika wa ahli ta’atik
Artinya:
“Ya Allah, tempat ini adalah Mina, maka anugerahilah aku apa yang Engkau telah anugerahkan kepada orang-orang yang selalu dekat dan taat kepada-Mu.”

Doa Jamrah
a. Doa Melontar Jamrah
Bismillahi Allahu akbar, rajman lisy-syayatini wa ridan lir-rahman. Allahum maj'alhu hajjan mabruran wa sa'yan masykura.

Artinya:
“Dengan nama Allah, Allah Maha Besar, kutukan bagi segala setan dan ridha bagi Allah Yang Maha Pengasih, Ya Allah Tuhanku, jadikanlah ibadah hajiku ini haji yang mabrur dan sa'i yang diterima.”
b. Doa Setelah Melempar Tiga Jamrah
Al-hamdu lillahi hamda kasiran tayyiban mubarakan fih. Allahumma la uhsi sana'an 'alaika anta kama asnaita 'ala nafsik. Allahumma ilaika afadtu wa min 'azabika asyfaqtu, wa ilaika ragibtu, wa minka rahibtu, faqbal nusuki, wa a'zim ajri, warham tadarru'i, waqbal taubati, wa aqilla 'asrati, wastajib da'wati, wa a'tini su'li. Allahumma rabbana taqabbal minna wa la taj 'alna minal-mujrimin, wa adkhilna fi 'ibadikas-salihin, ya arhamar-rahimin.
Artinya:
"Segala puji bagi Allah, pujian yang banyak lagi baik dan membawa berkat di dalamnya. Ya Allah, sekali-kali kami tidak mampu mencakup (segala macam) pujian untuk-Mu, sesuai pujian-Mu atas diri-Mu. Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah, dari siksa-Mu aku mohon belas kasihan, dan kepada-Mulah aku berharap dan aku takut, maka terimalah ibadahku, perbesarlah pahalaku, kasihanilah kerendahan hatiku, terimalah taubatku, perkecilah kekeliruanku perkenankanlah permohonanku dan berikanlah permintaanku. Ya Allah kabulkanlah, terimalah persembahan kami ini dan janganlah kami dijadikan orang-orang yang berdosa, tetapi masukkanlah kami dalam hamba-Mu yang saleh wahai Tuhan Yang Paling Pengasih

Doa Wada'
a. Doa Tawaf Wada'
Doa Tawaf Wada' dibaca untuk setiap putaran:
Bismillahi Allahu akbar, subhanallahi wal-hamdu lillahi wa la ilaha illallahu wallahu akbar, wa la haula wa la quwata illa billahil-'aliyyil-'azim. Was-salatu was-salamu 'ala rasulillahi sallallahu 'alaihi wa sallam. Allahumma imanan bika wa tasdiqan bikitabika wa wafa'an bi'ahdika wattiba 'an lisunnati nabiyyika muhammadin sallallahu 'alaihi wa sallam. Innal-lazi farada 'alaikal-qur'ana laradduka ila ma'ad. Ya mu'idu a'idni, ya sami'u asmi'ni, ya rahmanurhamni, ya raddadurdudni ila baitika haza warzuqniyal-'auda summal-'auda karratin ba'da marratin ta'ibuna 'abiduna sa'ihuna lirabbina hamidun. sadaqallahu wa'dahu wa nasara 'abdahu wa hazamal-ahzaba wahdah. Allahum mahfazni 'an yamini, wa 'an yasari, wa min quddami, wa min wara'i zahri, wa min fauqi, wa min tahti hatta tuwassilani ila ahli wa baladi. Allahumma hawwin 'alainas-safara wa atwi lanal-ard. Allahumma ashibna fi safarina wakhlufna fi ahlina ya arhamar-rahimina wa ya rabbal-'alamin
Artinya:
"Dengan nama Allah, Alllah maha Besar, Maha Suci Allah dan segala puji hanya kepada Allah tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Besar, tiada daya (untuk memperoleh manfaat) dan tiada kekuatan (untuk menolak kesulitan) kecuali dengan pertolongan dari Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar, salawat dan salam bagi junjungan Rasulullah SAW. Ya Allah, aku datang kemari karena iman kepada-Mu, membenarkan kitab-Mu, memenuhi janji-MU dan karena menuruti sunnah Nabi-Mu Muhammad SAW. Sesungguhnya Tuhan yang menurunkan Al-Qur'an kepadamu niscaya memulangkanmu ke tempat kembali, wahai Tuhan yang Kuasa mengembalikan, kembalikan aku ke tempatku, wahai Tuhan yang Maha Mendengar, dengarlah (kabulkanlah) permohonanku wahai Tuhan Yang Maha Memperbaiki, perbaikilah aku, wahai Tuhan Yang Maha pelindung, tutupilah aibku, wahai Tuhan Yang Maha Kasih Sayang, sayangilah aku, wahai Tuhan Yang Maha Kuasa Mengembalikan, kembalikanlah aku ke Ka'bah ini dan berilah aki rizqi untuk mengulanginya berkali-kali, dalam keadaan bertaubat dan beribadat, berlayar menuju Tuhan kami sambil memuji, Allah Maha menepati janji-Nya, membantu hamba-hamba-Nya, yang menghancurkan sendiri musuh-musuh-Nya. Ya Allah, perilharalah aku dari kanan, kiri, depan dan belakang, dari sebelah atas dan bawah sampai Engkau mengembalikan aku kepada keluarga dan tanah airku. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan bagi kami, lipatkan bumi untuk kami. Ya Allah sertailah kami dalam perjalanan, dan gantilah kedudukan kami dalam keluarga yang ditinggal, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih melebihi segala pengasih, wahai Tuhan Yang Memelihara seluruh alam."
b. Doa Sesudah Tawaf Wada'
Allahumma innal baita baituka, wal-'abda 'abduka wabnu 'abdika wabnu amatika, hamaltani 'ala ma sakhkharta li min khal qika, hatta sayyartani ila biladika, wa balagtani bini'matika hatta a'antani ala qada'i manasikik. Fa in kunta radita 'anni fazdad 'anni rida, wa illa famunnal-ana 'alayya qabla taba'udi 'an baitika haza, awanunsirafi in azinta li gaira mustabdilin bika wa la bibaitika wa la ragibin 'anka wa la 'an baitik. Allahumma ashibniyal 'afi-yata fi badani, wal-'ismata fi dini, wa ahsin munqalabi, warzuqni ta'ataka abadan ma abqaitani, wajma' li khairayid-dun-ya wal-akhirah, innaka 'ala kulli syai'in qadir. Allahumma la taj'al haza akhiral-'ahdi bibaitikal-haram, wa in ja'altahu akhiral-'ahdi fa'awwidni 'anhul-jannata birahmatika ya arhamar-rahimin. Amin ya rabbal-'alamin
Artinya:
"Ya Allah, rumah ini adalah rumah-Mu, aku ini hamba-Mu anak hamba-Mu yang lelaki dan anak hamba-Mu yang perempuan. Engkau telah membawa aku di dalam hal yang Engkau sendiri memudahkan untukku sehingga Engkau jalankan aku ke negeri-Mu ini dan Engkau telah menyampaikan aku dengan nikmat-Mu juga, sehingga Engkau menolong aku untuk menunaikan ibadah haji. Kalau Engkau rela padaku, maka tambahkanlah keridhaan itu padaku. Jika tidak maka tuntaskanlah sekarang sebelum aku jauh dari rumah-Mu ini. Sekarang sudah waktunya aku pulang, jika Engkau izinkan aku dengan tidak menukar sesuatu dengan Engkau (Dzat-Mu) ataupun rumah-Mu tidak benci pada-Mu dan tidak juga benci pada rumah-Mu. Ya Allah, berkalilah aku ini dnegan afiat pada tubuhku, tetap menjaga agamaku, baik kepulanganku dan berilah aku taat setia pada-Mu selama-lamanya selama Engkau membiarkan aku hidup dan kumpulkanlah bagiku kebajikan dunia dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, Janganlah Engkau jadikan waktu ini masa terakhir bagiku dengan rumah-Mu. Sekiranya Engkau jadikan bagiku masa terakhir, maka gantilah surga untukku, dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Amin, wahai Tuhan Pemelihara seru sekalian alam."













2 komentar:

  1. The Star Gold Coast - MapyRO
    The Star 군포 출장안마 Gold Coast is a popular entertainment destination in Western Australia 대전광역 출장마사지 and is popular 남원 출장마사지 with locals in particular. It is located on the 오산 출장안마 Gold Coast in 제주 출장안마 Broadbeach.

    BalasHapus